‘Keseriusan’ sebagian laki-laki (Part 3, habis)

Kisah Nyata3 -Antara Aini dan Haikal

Dibanding 2 kisah sebelumnya, menurutku kisah nyata 3 ini adalah yang paling kerterlaluan..!

Pagi itu Aini merasa was-was. Karena Haikal, orang yang sebentar lagi menjadi suaminya, belum juga datang. Padahal hari itu adalah hari lamaran antara Aini dan Haikal.

Mereka sudah menjalani masa ta’aruf selama 1 bulan dengan perantara guru ngaji Aini dan Haikal. Dan mereka memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, khitbah.

Berkali-kali Aini melihat jam tangannya, tapi sudah hampir 2 jam Haikal belum juga datang. Ia memperhatikan raut kecemasan pada wajah kedua orang tuanya, dan paman bibinya.

“Cobalah kau sms nak Haikal, mungkin saja dia lagi ada masalah di jalan”
“Sudah, paman”
Sudah lebih dari 5 sms yang ia kirim, tapi tak ada 1 pun balasan dari Haikal.
Aini mencoba menelpon Haikal, tapi juga tak kunjung diangkat.
“Ya Allah, ada apa dengan Haikal? Tolong lindungi dia dari segala musibah”, doanya dalam hati.


Tiba-tiba HP aini berdering, nama Haikal tertulis di layar. Segera ia angkat panggilan itu. Terdengar suara lesu di ujung sana..
“Afwan Aini, saya tidak jadi datang ke rumahmu”, suara Haikal terdengar berat
“Lho, kenapa? Ada apa?”, tanya Aini menyidik
“Orang tuaku ternyata belum membolehkanku menikah saat ini”, tutur Haikal. Bagai disambar petir Aini mendengar kalimat itu, tenggorokannya tercekat. Sakit bukan main…

Aini tak kuasa berkata apa-apa lagi. Hanya air matanya saja yang tiba-tiba mengalir deras…
Tak dihiraukan lagi suara di ujung sana, hati Aini sudah terlanjur sakit. Aini hanya bingung bagaimana cara mengabarkan ini pada 4 orang yang sekarang sedang duduk di ruangan itu, orang tua serta paman bibinya. Meskipun mereka dibuat geram oleh tindakan laki-laki tak bertanggung jawab itu, mereka hanya bisa berkata, “Mungkin memang Haikal bukan jodohmu, Aini”

Sore itu langit terlihat mendung, tapi tidak semendung hati Aini. Ia sungguh tidak habis pikir apa yang sedang terjadi dengan dirinya saat itu. Bagaimana mungkin lelaki itu… Hemph..sudahlah., semoga Allah menggantinya dengan yang lebih baik….

Batinku,
Woalah dasar! Ngapain juga si Haikal itu ngajak nikah, jika keluarganya belum terkondisikan. Padahal proses yang mereka jalani sudah sejauh itu.
Hemph..andai aku jadi Aini, pasti koleksi doaku sudah tak terhitung..
‘Bukankah doa orang yang terdzolimi itu makbul?” 😀
Sudah mbak Aini, bersyukur saja, Allah masih menyelamatkan engkau dari laki-laki macam Haikal. Terus berdoa saja, aku yakin Allah akan menggantikannya dengan orang yang jauh lebih baik.,,

3 kisah di atas sudah aku ceritakan semua. Memang angka tiga masih jauh jika dibandingkan dengan jumlah seluruh laki-laki yang ada. Meski tidak bisa digeneralisasikan bahwa ‘mayoritas laki-laki memang tidak serius dengan kata-katanya’ tapi setidaknya untuk anda para wanita (termasuk diri saya sendiri, dink:D ), “Waspadalah, waspadalah! Jangan gampang termakan dengan rayuan gombal ataupun kata-kata indah yang membuatmu melayang. Inget, 3 laki-laki di atas sudah menunjukkan track recordnya!” Hwehehehe..

Ini ane kasih beberapa taujih Rabbani untukmu para lelaki:
Lebih dari 80 ayat yang menyebutkan kata laki-laki di Alqur’an.. Semoga kalian insyaf dan menyadari keberadaanmu di dunia ini…! Paling tidak jangan melakukan perbuatanmu itu dengan wanita lainnnya. Kasian mereka jika harus terluka karena ulahmu semua…

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta’at pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” QS. At Taubah:71

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka atas sebahagian yang lain, dan karena mereka telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri  ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. QS. An Nisa:34

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. Al Hujurat:13

Any comments?? 😀

Advertisements

3 Responses

  1. hmm…no comment..aneh juga mereka, kadang bilang iya, kadang nggak, kdng merasa sangat yakin..tiba2 bsknya jadi ragu dan pergi..
    satu hal yg hrs diyakini mb Aini..klo Haikal bukan yg terbaik itu buktinya..dia tdk menepati janji yg sudah ia ucapkan..

    yap. sepakad. sebagai wanita kita mmg kudu waspada dengan kata2 mereka!

  2. waduh….
    no coment deh,,,,,
    ceremmm ah…….

    hm…no comment juga ndak pa2, tapi ant benernya sudah comment,..

  3. Salaam,

    Ketidakseriusan itu tidak selalu jadi monopoli laki laki loh 🙂

    ada juga kisah nyata dimana si laki-laki sudah serius dan si wanita atau wali nikah menerima namun tidak membolehkan disegerakan dengan alasan tertentu yang tidak seharusnya menghalangi niat baik menikah itu 🙂

    klo saya senada dengan desy menyikapi yg semacam itu, sepatutnya si ikhwan tinggal saja dan mulai mencari calon yang benar2 serius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: