Allah, Sang Pemberi Rizki…!

Semoga bisa dituai hikmahnya! Amin…

“Dan tidak ada suatu binatang melata  pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya…..” QS. Huud:6

341217Beberapa hari yang lalu aku menjalani hari hanya dengan membawa uang 1000,-. Nggak kebayang bagaimana aku bertahan dengan uang segitu.. Hemph…

Pagi-pagi sebelum berangkat kuliah, aku masih bisa tersenyum karena:

  • Alhamdulillah, bensin motorku meskipun mendekati huruf E, paling tidak masih cukuplah untuk PP ke kampus 🙂
  • Alhamdulillah lagi, hari itu tidak ada amanah yang menuntutku untuk mendatangi LDK-LDK di Surabaya, jadi lumayan bisa menghemat bensin 🙂
  • Dan alhamdulillah pula, hari itu aku lagi puasa, jadi paling nggak, aku tidak begitu membutuhkan uang sampe maghrib menjelang. 🙂

Biasanya kalo lagi kepepet kayak ini, aku mengatasinya dengan masak sendiri, menu andalanku adalah NASGORA alias – Nasi goreng sederhana – Ya iyalah sederhana, karena memang g da lauknya he2:D, cuma nasi + bumbu2 racikanku sendiri. Tapi kalo dari segi rasa, g kalah lah sama nasgor di pertigaan Gebang. he3 narsis!

Tapi sayangnya stok beras yang aku punya juga sudah habis., Mo beli beras? pake uangnya siapa, Buk?!

Sempat khawatir juga bagaimana hari esok akan aku jalani..:( Tapi bukankah Allah Sang Pemberi Rizki!? Jadi tak perlu lah sekhawatir itu. Yang pasti aku tidak mau hutang ke teman dulu, kecuali bener2 kepepet. Jadi hanya ada 2 hal yang bisa aku lakukan:

1. berusaha menjemput rizki yang Allah janjikan, dengan cara:

  • menginterogasi kawan-kawanku yang punya adek les, kali saja ada yang g bisa ngelesi hari itu, dan aku bisa menggantikannya sementara waktu, dengan syarat gajiku langsung dikasih hari itu juga. He2:D jahad banged se!? Yah, namanya juga ikhtiar, yang penting kan halal..
  • Perbanyak dan perbaiki sholat dhuha. Kalo biasanya cuma 4 rakaat, tambahin dah jadi 8 rakaat, kalo perlu 12 rakaat sekalian. Berdoa dengan tulus kepada Sang Pemegang Rizki.

2. MengHEMAT DIRI. Menahan Nafsu makan. Nggak boleh nyamil. Nggak boleh beli air mineral di kantin, mahal buk! jadi bawa air dari kos saja, Alhamdulillah masih ada setengah galon :D. Lagian uang seribu mana cukup buat beli aquase di kantin, neng!? aya2 wae

Alhamdulillah, strategi sudah diatur sedemian rupa, insyaAllah ane siap menjalani kesulitan ini. Bismillah, biidznika ya..Allah!
Inna ma’al ‘usri yusro… Inna ma’al ‘usri yusro…Inna ma’al ‘usri yusro… Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. 1 paket yang tak terpisahkan. Sangat yakin aku dengan ayat itu.

Hingga pada suatu malam, ketika perutku harus puas hanya dengan segelas air putih. Ada sms dari Yeni yang subhanallah membuat aku takjub..
Ya, Allah memang Maha Indah dalam merencanakan sesuatu… Amat Indah…

“Des, alhamdulillah uang PKMI kita yang duluuu banged sudah turun(meskipun ndak sampe ke PIMNAS) . 3 juta. sekarang ada di aku…”
“subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha Illallah, wallahu Akbar!”
Ya Allah, matur suwun sanged. Alhamdulillah ‘ala kulli hal…
Memang, Allahlah Sang Pengatur dan Penjamin Rizki hambanYA…

Aku langsung kepikiran, pokoke besok ndang beli beras 1/2 kg aja, buat jaga2. Jadi kalo ada kejadian kayak gini lagi, ndak ada kesulitan untuk membuat menu istimewa, NASGORA. Keren juga ini nama 😀

Esoknya, aku ketemuan sama Yeni untuk mbagi-mbagi uang lelah PKMI. Setelah dikeluarkan infaqnya. Uang itu dibagi menjadi 4, sesuai dengan jumlah anggota kelompok. Dan aku memdapat ***.000,- !

rasanya syukurku padaNYA tiada tara…
hanya padaMU segala puji dan puja
Engkau telah memberi LEBIH dari yang kuPINTA…

Semoga BerHIKMAh! Dan semoga bisa diambil manfaatnya buat arek-arek yang senasib sepenanggungan, ‘sesama anak kos maksudnya’ 😀

Alhamdulillah ‘ala kulli hal Robb!

Advertisements

3 Responses

  1. selama agama Alloh kita bawa,jangan kawatir buk…Alloh tidak akan membiarkan hambanya kelaparan.iling dalam asmaul husna “arrozaaq”Alloh maha pemberi pemberi rizki..
    boleh juga ikhtiarnya,tambahkan juga dong waqi’ah nya siapa tau dapat lebih rizkinya…… 🙂

  2. hm,,, bener bgt tuh.
    yang penting kita harus pandai2 bersyukur..

  3. subhanalloh…. janji Alloh itu pasti

    Spakad! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: